Wednesday 31 May 2017

7 TIPS SAHUR SEHAT - TERBAEK

Tubuh kita harus dibekalkan nutrisi yang cukup hingga saat berbuka. Bagi Anda yang menginginkan tubuh yang fit selama berpuasa, cuba tip berikut ini:
1. Mulailah sahur dengan meminum segelas air putih. Selama puasa tubuh akan banyak kehilangan cairan.
2. Buah-buahan adalah menu yang baik untuk sahur dan juga untuk berbuka. Buah-buahan mengandung elektrolit yang memberi kesegaran pada tubuh.
3. Mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sahur akan mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh, salah satunya dengan pengambilan jus tanpa gula.
4. Pilihlah karbohidrat kompleks, seperti nasi perang, nasi putih, atau roti gandum dan roti putih, kerana pengambilan karbohidrat akan membuat gula darah stabil seharian, juga bijaklah mengonsumsi makanan yang manis dari gula pasir. Makanan yang manis akan membuat kita cepat lapar.
5. Untuk lauknya Anda boleh menambahkan lauk yang kaya protein dan juga sayuran seperti tempe, tauhu, kekacang dan daging atau ikan.
6. Hindari menggoreng menu sahur. Makanan yang digoreng menyebabkan ikatan oksigen berkurang sampai 20%. Ini dapat menimbulkan rasa mengantuk sepanjang hari.
7. Sempurnakan sarapan sahur dengan pengambilan makanan yang mengandungi magnesium dan potassium yang boleh Anda dapatkan pada pisang, orange, dan kacang almond. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktiviti sepanjang hari.
info: majalah pesona